Andaliman Mobil Listrik Unimed Siap Bertarung ke ITS Surabaya, Yuk Tengok Jeroannya

Andaliman
Andaliman Mobil Listrik Unimed Siap Bertarung ke ITS Surabaya, Yuk Tengok Jeroannya

 

Mahasiswa Fakultas Teknik Unimed berhasil menciptakan sebuah mobil listrik yang diberi nama Andaliman. Mobil listrik berukuran kecil ini pembuatannya menghabiskan waktu selama satu semester. Anggota tim pembuat mobil listrik Andaliman, Hery Hutauruk, kepada Tribun mengatakan, mobil ini diprioritaskan mengikuti kompetisi mobil listrik tahun 2017 yang akan digelar di ITS Surabaya pada akhir tahun 2017.

“Mau kita ikutkan pada kompetisi mobil listrik November nanti di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya,” ujar Hery ketika ditemui di Laboratorium Fakultas Teknik, Kampus Unimed, Jalan Williem Iskandar.

Menurutnya, mobil tersebut mereka kerjakan pada waktu luang di luar jam kuliah. Walaupun berhasil merancang mobil listrik ini, mereka akan terus melakukan perbaikan agar mendekati sempurna.

“Masih akan terus kita kejar, biar bisa lebih baik. Sehingga peluang untuk meraih juara semakin besar,” tambahnya. Mobil listrik Andaliman ini tersebut memiliki bobot lebih kurang 120 kg.


IKUTI TERUS INDOLIPUTAN6.COM YANG SELALU MENYEDIAKAN BERITA TERBARU DAN TERPANAS


Dosen Fakuktas Teknik Mesin Unimed, Ir Batu Mahadi Siregar menceritakan, mobil tersebut sengaja diberi nama Andaliman dimaksudkan sebagai identitas lokal Sumut. Dan sama sekali bukan berarti komposisi bahan bakarnya mencampur bahan baku andaliman yang notabene adalah bumbu masak.

“Kenapa namanya Andaliman, karena andaliman itu kan rasanya berbeda dari yang lain. Selain itu nama mobilnya ini juga disebut Alogo yang berarti angin yang selalu ada dan berhembus. Sesuai dengan proses pengerjaan mobil ini, yang selalu ada inovasi,” jelasnya.

Humas Unimed, M Surif mengatakan, sebelumnya pada upacara Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei 2017 kemarin, mobil listrik Andaliman diujicobakan oleh mahasiswa pencipta mobil ini dengan mengelilingi beberapa kali barisan demi barisan peserta upacara Harkitnas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *