Cerita Presiden PKS Usulkan Poros Ketiga ke Demokrat untuk Kalahkan Jokowi

Presiden PKS (Partai Keadilan Sejahtera) Sohibul Iman mengaku pernah mengusulkan pembentukan poros ketiga kepada Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Syarief Hasan di Pilpres 2019. Sohibul mengatakan skenario itu tujuan utamanya adalah mengalahkan calon petahana Joko Widodo. Ia mengaku menerangkan kepada pihak Demokrat bahwa peluang mengalahkan kubu Jokowi akan berat jika dilawan menggunakan formula “head-to-head”.

“Saya bilang kepada Pak Syaerif Hasan bahwa jika melawan Pak Jokowi dengan satu formula maka hanya akan ada dua kubu dan akan banyak pihak yang aspirasinya tidak tertampung,” ujarnya ditemui di Kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Senin (9/7/2018).

“Oleh karena itu saya usulkan buat dua poros untuk lawan Jokowi, pertama poroses Gerindra-PKS lalu PAN-Demokrat-PKB agar muncul empat tokoh,” imbuhnya.

Sohibul Iman mengatakan peluang terjadinya putaran kedua makin lebar dengan munculnya poros ketiga.

Dan dirinya mengaku dengan terciptanya poros ketiga serta putaran kedua maka akan menghasilkan skenario yang kurang lebih sama dengan Pilkada Jakarta 2017.

“Putaran pertama kita sebut hilangkan kepenasaran bagi pihak-pihak yang merasa pantas dimajukan sebagai capres atau cawapres, untuk buktikan siapa yang terbaik dan pantas maju ke putaran kedua,” tegasnya.

“Baru di putaran kedua kita saling dukung, itu lah formula yang menurut kami bisa buat “happy” semuanya,” pungkas Sohibul.

Jelang pendaftaran calon presiden dan cawapres 2019, silaturahmi antar petinggi partai makin sering terjadi akhir-akhir ini.

Kubu Demokrat sendiri melalui Syarif Hasan pernah menyambangi kediaman Prabowo Subianto untuk memunculkan kemungkinan duet Prabowo-Agus Harimurti Yudhoyono.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *