plastik

Perbedaan Dari Tempe Di Bungkus Plastik dengan Di Bungkus Daun Pisang

plastik

Tempe adalah makanan yang dibuat dari fermentasi terhadap biji kedelai atau beberapa bahan lain yang menggunakan beberapa jenis kapang Rhizopus, seperti Rhizopus oligosporus, Rh. oryzae, Rh. stolonifer (kapang roti), atau Rh. arrhizus. Sediaan fermentasi ini secara umum dikenal sebagai “ragi”.

Secara umum, tempe berwarna putih dan di bungkus dengan daun bukan plastik karena pertumbuhan miselia kapang yang merekatkan biji-biji kedelai sehingga terbentuk tekstur yang memadat. Degradasi komponen-komponen kedelai pada fermentasi membuat tempe memiliki rasa dan aroma khas. Berbeda dengan tahu, makann ini terasa agak masam.

Image and video hosting by TinyPic

Saat membeli  gembus, pasti pernah melihat tempe yang dibungkus dengan daun pisang. Biasanya tempe ini lebih sering ditemukan di pasar tradisional. Tapi ada juga  tempe yang dibungkus dengan plastik bening dan biasa ditemukan di pasar swalayan atau tukang  gembus keliling.

Meskipun sama-sama tempe , tapi mana yang lebih baik untuk dimasak? Keduanya Memiliki Nilai Positif dan Negatif  gembus yang dibungkus plastik atau daun pisang tentu memiliki perbedaan.

Tempe yang dibungkus daun pisang identik dengan pasar tradisional atau kota kecil. Soalnya di daerah tersebut lebih banyak ditemukan daun pisang. Jadilah produsen tempe di kota kecil menggunakan daun pisang.

IKUTI TERUS INDOLIPUTAN6.COM YANG SELALU MENYEDIAKAN BERITA TERBARU DAN TERPANAS

Sementara untuk daerah kota, daun pisang tidak terlalu sering ditemui. Untuk itu para produsen tempe di kota lebih memilih plastik sebagai pembungkus.

Adakah perbedaan lain selain itu?

Tempe yang dibungkus daun pisang pasti rasa dan aromanya lebih khas daripada yang dibungkus plastik. Tapi daun pisang yang digunakan tidak boleh sembarangan. Harus dipastikan daun pisang itu benar-benar bersih atau berasal dari kebun yang bebas dari hama.

Image and video hosting by TinyPic

Karena makanan ini mengandung bakteri baik hasil fermentasi dan cukup sensitif terhadap cemaran bakteri lainnya. Daun pisang yang kurang bersih bisa mengandung bakteri jahat yang malah akan membuat gembus tidak jadi atau busuk Plastik .

Sementara itu, teimpe yang menggunakan plastik biasanya datang dari produsen tempe yang lebih modern dan terjaga kebersihannya. Jadi dari segi higienis, maka tempe yang dibungkus plastik lebih aman.

Tapi untuk rasa, tidak ada perbedaan yang mencolok dari keduanya.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *