Potret Terlarang Korea Utara yang Berhasil Diselamatkan

Potret Terlarang Korea Utara yang Berhasil Diselamatkan Dia adalah Eric Lafforgue seorang fotografer asal Prancis, ia mengisahkan bagaimana pemerintah mengendalikan para wisatawan asing untuk mengikuti semua kebijakan ketat yang telah ditetapkan mulai dari tempat wisata hingga foto-foto yang boleh diambil. Semua wisatawan akan didampingi oleh sang pemandu. Jika wisatawan berhasil mendapatkan foto dan tidak sesuai aturan maka akan dihapus.

Seperti foto ini, wisatawan asing akan diajak mengunjungi rumah-rumah warga yang tentu sudah ditentukan oleh pemerintah. Diceritakan Lafforgue, pemandu wisata akan senang hati jika wisatawan mengambil gambar yang menunjukkan bahwa anak-anak Korea Utara memiliki komputer. Namun ketika foto ini diketahui bahwa komputer tersebut tidak dialiri listrik, saat itu juga sang pemandu meminta untuk fotonya dihapus.

Namun berkat teknologi yang maju foto tersebut bisa ia selamatkan dan dipublikasikan ke dunia. “Berkat kartu memori digital, saya bisa menyimpan foto yang dilarang untuk diambil atau diperintahkan untuk dihapus oleh para petugas keamanan.” tulis Lafforgue seperti dikutip detikINET dari Boredpanda, Senin (8/1/2018).

Foto ini menceritakan seorang wanita dengan baju tradisionalnya berada di tengah kerumunan para tentara. Gambar ini tidak diperbolehkan diambil sebab gambar yang berkaitan dengan kegiatan militer adalah foto terlarang.

Lafforgue sendiri sudah berkunjung ke Korea Utara sebanyak 6 kali sejak tahun 2008. Dengan aturan yang super ketat ia merasa tidak tertarik dengan perjalanan wisata yang telah diatur pemerintah sebab ia menginginkan hal yang lebih. Korea Utara melarang wisatawan untuk mengambil potret polisi hingga menggambarkan kemiskinan. Namun dengan lensa zoom 300mm dan ia duduk di bagian belakang bus, maka ia bisa mengambil banyak objek foto. “Begitu mereka membuka area baru untuk dikunjungi, saya mencoba pergi ke sana dan melihatnya, mendokumentasikan tempat itu.” tambahnya.

Foto seorang pria yang berpakaian tentara sedang mengambil rumput. Diceritakan bahwa banyak penduduk Korea Utara diketahui suka makan rumput yang mereka ambil di sebuah taman. Tentu jika foto ini diketahui pemandu wisata, maka ia akan marah besar

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *