Terkuak Tersangka Bom Bunuh Diri Keluarga Ini Penyebab Bom Gereja di Surabaya

Polri sudah langsung mengidentifikasi pelaku bom bunuh diri di tiga gereja Kota Surabaya. Otak bom bunuh diri diketahui bernama Dita Supriyanto, warga Rungkut, Surabaya. Warga sekitar perumahan tempat tinggal Dita mengaku tak cukup mengenal keluarga tersebut.

Pasalnya, keluarga pelaku dikenal tertutup meski sesekali masih menyapa. Seorang tetangga pelaku, Tanjung (50), mengungkapkan pelaku telah tinggal sejak 2010-2011 lalu. Keluarga pelaku juga diketahui berasal dari Banyuwangi.

“Setengah tertutup, kalau ketemu ya nyapa,” kata Tanjung pada TribunJatim.com, Minggu (13/5/2018).

Image and video hosting by TinyPic

“Sebelum ada insiden, sekitar jam 13.00 WIB, ada beberapa orang datang. Busananya sama, tertutup gitu,” ujarnya.

Ia menyebutkan mengetahui keseharian keluarga pelaku sebagai penjual obat herbal.

“Pekerjaan (mereka) saya nggak tahu pasti, yang saya tahu sering jual herbal gitu,” papar Tanjung. Anaknya pun terlihat sering bermain di depan rumahnya.

“Anaknya juga sering sepedaan di depan rumah,” ujarnya.

Anggota JAD

Kapolri Jenderal Tito Karnavian kepada media menyampakan bahwa pelaku adalah anggota jemaah JAD. Kelompok ini tidak lain adalah sel jaringan ISIS.

“Dita adalah Ketua JAD (jaringan Ansarut Daulah) Surabaya.”

Agen kasino yang menyediakan berbagai Permainan
Baccarat I Rouletter I Dragon Tiger I Sicbo I Online Slots
Di Tunggu Pendaftaran nya ya šŸ™‚

silahkan add pin bbm kami : D8C88BC6
Terima Kasih

“Jaringan ini kaitannya dengan JAT (Jaringan Ansarut Tauhid). Keduanya terkait dengan ISIS,” kata Tito. Pimpinan mereka adalah Aman Abdurahman yang yang saat ini ditahan di Mako Brimob. Jaringan mereka terkait dengan jaringan teroris ISIS.

JAD di Surabaya adalah bagian sel jaringan ISIS. Kapolri mencatat baik anggota JAD maupun JAT saat ini telah berangkat ke Siria. Namun ada yang sudah kembali ke Indonesia. Tito mencatat anggota ISIS di Indonesia yang berangkat sebanyak 1.100. Sebanyak 500 ada di Syiria sekarang. Sebanyak 103 telah meninggalkan Syiria dan 500 di deportase.

Temuan 4 Bom Aktif

Polisi menemukanĀ OtakĀ  4 benda diduga bom di rumah pelaku bom bunuh diri di Jalan Rungkut Asri, Surabaya. Penelusuran SURYA pada Minggu (13/5/2018) malam, polisi menemukan benda itu di sebuah kamar bagian depan pelaku.

Image and video hosting by TinyPic

“4 benda (diduga bom, red) itu kini sudah diamankan,” kata Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan pada SURYA.co.id, Minggu malam.

Polisi, lanjut Rudi Setiawan kini masih menelusuri dan memeriksa rumah tersebut. Selain polisi, pengamatan SURYA di lokasi terlihat juga ada Walikota Surabaya Tri Rismaharini. Informasi terakhir yang SURYA.co.id himpun 4 benda yang diduga bom itu akan diledakkan petugas

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *