Xi Jinping Kembali Jadi Presiden, Kim Jong-Un Ucapkan Selamat

Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un menyampaikan ucapan selamat untuk Presiden China Xi Jinping yang kembali terpilih menjabat untuk periode kedua. Pesan langsung dari Kim Jong-Un ke Xi ini tergolong langka.

Seperti dilansir Reuters, Senin (19/3/2018), dalam pesan yang dilaporkan oleh kantor berita resmi Korut, Korean Central News Agency (KCNA), Kim Jong-Un mendoakan agar China mampu meraih pencapaian lebih besar di bawah kepemimpinan Xi selama lima tahun ke depan.

“Menyampaikan keyakinan bahwa hubungan bilateral akan berkembang demi kepentingan bersama dari rakyat kedua negara, pesan ini mengharapkan agar Presiden China mendapatkan kesuksesan besar dalam kinerjanya yang bertanggung jawab,” demikian pernyataan KCNA yang mengutip pesan Kim Jong-Un untuk Xi.

Sejak memimpin Korut pada akhir tahun 2011, Kim Jong-Un sama sekali belum pernah berkunjung ke China. Beberapa waktu terakhir, Korut kecewa pada China karena mendukung sanksi-sanksi yang diterapkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk rezim komunis itu. Sanksi itu dijatuhkan karena berbagai uji coba rudal dan nuklir yang terus digelar Korut, yang sempat memicu kemarahan China.

Namun beberapa waktu terakhir China menyatakan dukungan besar untuk upaya-upaya otoritas Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS) dalam meningkatkan hubungan dengan Korut. Salah upaya itu adalah rencana pertemuan antara Kim Jong-Un dengan Presiden Donald Trump.

Media nasional China juga melaporkan pesan Kim Jong-Un itu, tapi tidak dijelaskan apakah Xi memberikan jawaban.

Pesan langsung dari Kim Jong-Un ke Xi tergolong langka. Terakhir kali keduanya berkomunikasi pada tahun lalu, yakni saat Kim Jong-Un mengucapkan selamat kepada Xi untuk suksesnya pelaksanaan Kongres Partai Komunis China.

Ucapan selamat itu ditindaklanjuti dengan kunjungan seorang utusan senior China ke Pyongyang. Kunjungan itu juga bertujuan untuk memberitahukan hasil Kongres Partai Komunis China. Namun dalam kunjungan itu, utusan China tidak bertemu Kim Jong-Un.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *